Friday, September 23, 2011

Chapter 5. Motor Control Circuit

           Interlocking (sebagai proteksi) pada bab sebelumnya, membuat motor on  selama tombol ditekan. Jika kita ingin motor terus on dengan sekali tekan  kita harus mengubah rangkaian dengan menambahkan rangkaian latch (pengunci). Rangkaian ini sering digunakan dalam dunia industri :

 Jika tombol forward ditekan, maka M1 akan on, dan akan tetap on. Demikian juga jika tombol reverse ditekan maka M2 akan on, dan akan tetap on. Kontak close dari M1 dan M2 mencegah koil M1 dan M2 menjadi on bersamaan. Iini sering disbut sebagai seal contact (kontak pengaman)  atau latch (pengunci). Bagaimana untuk menghentikan motor, rangkaian harus kita ubah sebagai berikut:
          Rangakain diatas masih ada persolan. Bagaimana menghentikan motor yang sedang berjalan. Maka ditambahlah push button stop (NC) pada bagian belakang rangkaianr. Dengan menekan push button stop maka rangkaian latch akan di putuskan.  Untuk rangkaian yang menjalankan motor lebih dari satu, biasanya ditambah lagi sebuah tombol emergency. Jadi jika terjadi sesuatu yang membahayakan dengan menekan PB Emergency (push lock) maka semua proses akan dihentikan.
          Secara logika rangkaian di atas sudah cukup baik. Tetapi kita harus mempertimbangkan aspek lain dari rangkaian tersbut disesuikan dengan kondisi lapangan Misalnya perubahan beban mekanis, seperti kipas yang besar, dimana saat tombol stop ditekan, motor akan tetap berjalan selama beberapa saat sebelum berhenti total. Akan imbul masalah jika operator akan menjalankan motor  dalam arah sebaliknya tanpa menunggu kipas angin berhenti berputar karena inertia motor akan berjuang melawan arah putaran sebelumnya. Beban bagi besar bagi motor dan akan menjadi cepat panas. Oleh karena itu perlu penambahan sistem delay, untuk memberi waktu motor berhenti. Sehingga penekanan tombol untuk menjalankan motor pada arah sebaliknya secara mendadak dapat dicegah dengan adanya rangkaian waktu tunda (off delay). Sebagai berikut:
 
         Jika motor berjalan forward, baik M1 dan TD1 akan on. Kontak TD1 (NC) antara kabel 8 dan 5 akan open. Ketika tombol stop ditekan, TD1 kehilangan catu (off) maka kontak TD1 tetap open dalam selang waktu tertentu sebelum kembali ke kondisi normalnya (NC). Setelah kontak TD1 menjadi NC maka penekanan tombol reverse baru dapat membuat on  M2 (reverse).  Jadi timer  memberikan selang waktu untuk motor berhenti dulu baru bisa di start kembali.
          Jika teliti, maka kita dapat melihat bawhwa  TD1 dan TD2 saling interlock. Oleh karenanya kita dapat menghilangkan kontak M1 dan M2 dan menggantikannya dengan kontak TD1 dan TD2. Setiap waktu tunda relay akan melayani tujuan ganda: mencegah kontaktor lainnya dari energi saat motor sedang berjalan, dan mencegah kontaktor yang sama dari energi sampai waktu yang ditentukan setelah motor dimatikan. Maka kita dapat menyederhanakan rangkaian menjadi sebagai berikut :

No comments:

Post a Comment