Tuesday, September 20, 2011

Chapter 3. Fungsi Logika Digital pada Rangkaian Listrik

Kita akan  membangun rangkaian fungsi logika menggunakan lampu dan beberapa kontak untuk menjelaskan masing-masing fungsi logika. Dan notasi notasi biner akan dipakai untuk menunjukkan status dari switch dan lampu, dimana 0 untuk de enegized atau unactuated) sedangkan 1 untuk energized atau actutated. Tabel Kebenaran akan dibangun untuk menunjukkan bagaimana sakalr bekerja

1. Rangkaian OR

2. Rangkaian AND


3. Rangkaian NOT

4. Rangkaian NAND

5. Rangkaian NOR




6. Rangkaian XOR


Sebuah pola yang identik dapat dibentuk dengan cara sebagai berikut : 

    
* Kontak Paralel setara dengan sebuah gerbang OR.
    
* Kontak Seri setara dengan sebuah gerbang AND.
    
* Pada umummnya kontak NC setara dengan sebuah gerbang NOT.



Kita dapat membangun fungsi logika kombinasional dengan mengelompokkan kontak dalam pengaturan seri-paralel. Pada contoh berikut, kita memiliki fungsi OR-eksklusif dibangun dari kombinasi erbang AND, OR, dan NOT:
Terkadang beberapa kontak pada sebuah saklar (atau relay) dirujuk oleh sebuah beberapa label, seperti A1, A2, A3 dst. Maka jika kita melihat sebuah label mewakili beberapa kontak, kita  tahu bahwa kontak-kontak tersebut akan dikerjakan  oleh mekanisme yang sama.
Jika kita ingin membalikkan output, kita harus menggunakan relay dengan kontak normal tertutup. Sebagai contoh : 


Jika kita menyebut  sebuah coil relay  CR1 (misal pada rung 1), maka ketika koil CR1 memperoleh energi, maka kontak CR1 (pada rung 2) kedua akan bekerja pula sehingga mematikan lampu lampu seperti pada contoh berikut:
Dari contoh diatas kita dapat menerapkan strategi ini, dimana memberi NOT pada masukan gerbang OR akan menjadi AND dan jika kita memberi NOT pada masukan gerbang AND akan menjadi gerbang OR. Dan jika pada kedua gerbang baru tersbut, pada keluarannya kita beri NOT maka akan terbentuk gerbang NAND dan NOR.

Kesimpulan:
     * Kontak disusun pararel setara dengan gerbang OR.
     * Kontak disusun seri setara dengan gerbang AND.
     * Kontak tertutup (NC) setara  gerbang NOT.
     * Sebuah relay harus digunakan untuk membalikkan output, sementara dengan kontak tertutup (NC) pada masukan sudah dapat mewakilifungsi NOT.

3 comments: